Jembatan Sipait Akan Dibongkar

Sabtu, 07 November 2015 - 06:00 WIB
Jembatan Sipait Akan Dibongkar
Jembatan Sipait Akan Dibongkar
A A A
PEKALONGAN - Jembatan Sipait B yang berada di sebelah utara Jalur Pantura Desa Sipait, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan segera dibongkar. Sebab, jembatan itu dinilai sudah tidak mampu menerima beban lalu lintas yang ada.

"Jembatan ini kontruksinya sudah berusia tua, sebab dibangun sejak 1973. Sehingga sudah tidak layak untuk menahan beban lalu lintas yang ada. Selain itu, biaya perawatan lebih mahal dibanding dengan biaya pembangunan jembatan baru," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Bina Marga wilayah Tegal-Pekalongan, Ya'foor Sulaiman, seusai melakukan peninjauan Jembatan Sipait B di Jalan Pantura, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jumat (6/11/2015) siang.

Saat ini, pihaknya sudah melakukan kontrak pembangunan jembatan tersebut. ‎Disebutkan, pelaksana proyek tersebut yakni PT Margo Tresno Karya.

"Kontrak sembilan bulan mulai Agustus 2015-April 2016. Sedangkan nilai kontraknya Rp 25,6 M. Namun akan kami lakukan negosiasi ulang nilai kontraknya, sebab dari hasil pengkajian teknis, dibutuhkan pembuatan jembatan darurat sebelum dilakukan pembongkaran jembatan Sipait B," paparnya.

Dijelaskan, jembatan darurat dibangun di sisi utara jembatan Sipait B. "Kami perkirakan Desember ini jembatan darurat selesai. Lebarnya 3,5 meter dan panjangnya sekitar 90 meter. Saat ini kami juga masih review desain-desain yang ada dan hitung ulang kebutuhan di lapangan agar proses pelaksanaannya lancar sesuai kaidah," jelasnya.

Setelah jembatan Sipait B dibongkar, kendaraan ringan akan diarahkan ke jembatan darurat tersebut. Sedangkan kendaraan berat akan melalui jembatan Sipait A.

"Jadi Jembatan Sipait A diberlakukan dua arah. Sebab kami tidak bisa memantau tonase kendaraan berat itu. Selain itu juga tidak mengganggu arus mudik yang diperkirakan pada April 2016 nanti terjadi."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7185 seconds (0.1#10.140)