Kebakaran Padam, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka

Kamis, 05 November 2015 - 14:14 WIB
Kebakaran Padam, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka
Kebakaran Padam, Pendakian Gunung Semeru Kembali Dibuka
A A A
MALANG - Jalur pendakian ke Gunung Semeru bakal dibuka kembali pascakebakaran yang melanda kawasan ini beberapa pekan lalu. Seperti diketahui, kebakaran Gunung Semeru berada di jalur pendakian menuju Danau Ranukumbolo.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengatakan, api yang membakar kawasan Semeru sudah padam. "Paling cepay dua minggu lagi pendakian dibuka. Sekarang masih proses perbaikan jalur," kata Ayu, Kamis (5/11/2015).

Ayu menambahkan, kebakaran yang terjadi sejak 20 Oktober 2015 telah menghanguskan lebih dari 200 hektare hutan di kawasan taman nasional. Akibat kebakaran ini, berbagai vegetasi endemik taman nasional hangus terbakar.

"Kehidupan satwa liar yang ada di dalam kawasan juga terancam. Upaya pemadaman dan pengendalian dilakukan tim gabungan dari TNI, Polri, relawan, dan petugas TNBTS," paparnya.

Meski menggunakan alat seadanya, petugas gabungan berhasil memadamkan api secara sempurna. Hingga kini, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tengah mempersiapkan jalur pendakian yang sempat rusak akibat kebakaran.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6314 seconds (0.1#10.140)