PGI: Pola Pembakaran Rumah Ibadah di Aceh Singkil Mirip Tolikara

Rabu, 14 Oktober 2015 - 23:54 WIB
PGI: Pola Pembakaran Rumah Ibadah di Aceh Singkil Mirip Tolikara
PGI: Pola Pembakaran Rumah Ibadah di Aceh Singkil Mirip Tolikara
A A A
JAKARTA - Pemerintah diminta memberikan perhatian khusus terhadap peristiwa pembakaran rumah ibadah di Desa Suka Makmur, Gunung Meriah, Aceh Singkil, Aceh, Selasa 13 Oktober 2015. Pasalnya, kejadian serupa juga pernah terjadi di Tolikara, Papua, belum lama ini.

Ketua Humas Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Jerry Sumampouw menyampaikan, keprihatinannya atas berulangnya tragedi pembakaran rumah ibadah oleh kelompok yang ingin mengganggu kerukunan antar umat beragama.

Menurut Jerry, pemerintah telah lalai dan melakukan pembiaran terhadap peristiwa yang memakan korban jiwa tersebut. Menurut Jerry, riak-riak pergesekan antara oknum massa tersebut telah terdengar seminggu sebelumnya.

"Ada kegagalan negara dan pemerintah, ada proses pembiaran dalam peristiwa ini," ujar Jerry dalam konfrensi pers di Gedung Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Jalan proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (14/10/2015).

Jerry menuturkan, pembahasan proses perizinan pembangunan rumah ibadah tengah dilakukan pihaknya bersama pemerintah Kabupaten Aceh Singkil yang difasilitasi oleh tokoh masyarakat dan Komnas HAM.

"Percakapan soal izin rumah ibadah ini sudah terjadi dua bulan terakhir yang difasilitasi Komas HAM, tokoh organisasi massa agama di sana serta tokoh agama. Menurut kami ada kelompok masyarakat yang ingin mengganggu situasi kerukunan beragama," jelas Jerry

Lebih lanjut, Jerry menambahkan, pola gerakan massa intoleran yang berujung pada pembakaran rumah ibadah di Aceh ini serupa dengan yang terjadi di Tolikara. Dua kerusuhan terjadi menjelang hari raya besar keagamaan.

Karenanya, Jery meminta pemerintah untuk menyiapkan langkah preventif agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. "Pola masih sama dengan pola sebelumnya, pola menjelang hari besar keagamaan. Hal ini perlu ada langkah preventif dari pemerintah," tandas Jerry.

PILIHAN:

MUI dan Tokoh Lintas Agama Imbau Masyarakat Tetap Tenang

Kapolri: 45 Warga Diamankan Terkait Konflik Aceh Singkil
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0228 seconds (0.1#10.140)