Warga Riau Kesal Jokowi Datang saat Asap Sudah Hilang

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 20:02 WIB
Warga Riau Kesal Jokowi Datang saat Asap Sudah Hilang
Warga Riau Kesal Jokowi Datang saat Asap Sudah Hilang
A A A
PEKANBARU - Presiden Jokowi melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan di Riau namun kunjungannya dinilai terlambat karena datang saat Riau sudah cerah akibat diguyur hujan dalam dua hari terakhir.

Padahal sudah lebih sebulan warga Riau dipaksa menghirup udara berbahaya yang bersumber dari kebakaran.

"Sudah telat Jokowi ke Riau. Kemana aja Presiden selama ini. Ini baru berani datang saat kabut asap sudah hilang," ketus Roy Ramuza (35) warga Panam Pekanbaru, Riau, Jumat (9/10/2015).

Seharusnya kata warga Presiden Jokowi datang sejak awal kebakaran, sehingga tidak banyak korban baik yang sakit maupun meninggal dunia di Riau.

"Coba Jokowi itu berada di Riau, dua hari aja dan menghisap asap dalam kondisi polusi berbahaya. Gimana rasanya. Biar tahu itu Presiden Jokowi sakitnya warga Riau menghirup asap," timpal Asnul Abidin warga Jalan Garuda.

Hal senada diungkapkan Depi Ariani seorang ibu rumah tangga. Dia juga menyebutkan Presiden Jokowi lamban menangani kabut asap.

"Ini bisa terjadi karena Presiden Jokowi itu orang kurang tegas menekan para pembantu untuk segera menyelesaikan kebakaran, sudah hampir dua bulan kebakaran belum juga selesai. Akibat kasihan anak-anak sakit, tidak bisa sekolah bahkan sampai ada yang meninggal karenasap. Kita sangat kecewa dengan Presiden Jokowi," kata dia.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) Pekanbaru menyebutkan bahwa saat ini Riau sudah masuk musim penghujan.

"Oktober ini Riau memang sudah masuk musim penghujan. Jadi kita berharap dengan hujan kebakaran segera selesai," ucap staf analisa BMKG Pekanbaru Ardytama.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9419 seconds (0.1#10.140)