2.000 Hektare Lahan PT Sinar Mas di OKI Terbakar

Kamis, 08 Oktober 2015 - 20:59 WIB
2.000 Hektare Lahan PT Sinar Mas di OKI Terbakar
2.000 Hektare Lahan PT Sinar Mas di OKI Terbakar
A A A
KAYUAGUNG - Sebanyak 2.000 ha lahan perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Sinas Mas Group di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilri (OKI) sejak satu bulan terakhir ini terbakar. Api diduga berasal dari hutan lindung yang bersebelahan dengan perusahaan tersebut.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI, Azhar, untuk memadamkan api yang membakar gambut di lahan HTI sangat sulit.

Karena api tersebut membakar gambut sedalam 8 meter, sehingga mengakibatkan pohon akasia PT Sinar Mas Group tersebut yang siap panen menjadi tumbang akibat dilalap api.

Azhar menegaskan lahan HTI milik PT Sinar Mas semuanya sudah dibuat kanal blocking untuk mencegah terjadinya kebakaran.

"Namun meskipun sudah dibuat kanal, api tetap membakar tanaman mereka sedangkan hutan lindung milik pemerintah yang ada bersebelahan dengan perusahaan tersebut hanya tinggal padang ilalang yang juga ikut terbakar," timpalnya.

Menurut Azhar kurang lebih 1.156.350 hektare lahan dan hutan yang rawan terbakar di OKI, seluas 553.175 hektare diantaranya terbilang sangat rawan terbakar dan sisanya 603.175 hektare rawan terbakar.

"Parahnya lagi, dari 18 kecamatan yang ada di OKI, lahan dan hutannya semuanya rawan terbakar," ungkapnya.

Sementara Camat Air Sugihan, Indra Buana menyebutkan bahwa titik api yang saat ini masih membakar lahan HTI tersebut di Distrik Simpang Heran tempat yang akan dikunjungi Panglima TNI, Kapolri dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, besok (hari ini). "Sedangkan titik api yang di distrik Bagan Rame sudah mulai padam," timpalnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9766 seconds (0.1#10.140)