Jokowi Hadiri Pengucapan Sumpah Anwar Usman dan Saldi Isra sebagai Ketua-Wakil Ketua MK

Senin, 20 Maret 2023 - 12:30 WIB
loading...
Jokowi Hadiri Pengucapan Sumpah Anwar Usman dan Saldi Isra sebagai Ketua-Wakil Ketua MK
Presiden Jokowi menghadiri acara pengucapan sumpah Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) masa jabatan 2023-2028 di Ruang Sidang Pleno Gedung I MK, Senin (20/3/2023). FOTO/MPI/RAKA DWI NOVIANTO
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pengucapan sumpah Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) masa jabatan 2023-2028 di Ruang Sidang Pleno Gedung I MK, Senin (20/3/2023). Sebagai Ketua MK adalah Anwar Usman dan Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Dari pantauan di lokasi, Presiden Jokowi tiba pukul 11.00 WIB. Didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, Jokowi langsung masuk ke Ruang Sidang Pleno.

Turut hadir dalam acara ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Selain itu, terlihat hadir Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, dan Wakil Ketua KPK Nurul Gufron. Lalu sejumlah anggota DPR/MPR antara lain Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Arsul Sani. Dari perwakilan DPR ada Edhy Baskoro Yudhoyono (Demokrat) dan Aboe Bakar Alhabsyi (PKS).



Pengucapan sumpah ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Pleno Hakim pada Rabu (15/3/2023) yang memilih Usman Hakim Konstitusi Anwar dan Saldi Isra menjadi Ketua dan Wakil Ketua MK periode 2023-2028.

Berdasarkan ketentuan Pasal 21 ayat (3) UU Mahkamah Konstitusi, sebelum memangku jabatannya, Ketua dan Wakil Ketua MK mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya di hadapan MK.

Berbeda dengan pengucapan sumpah atau janji Hakim Konstitusi sebelum memangku jabatannya, yakni di hadapan presiden, sumpah atau janji Ketua dan Wakil Ketua MK diucapkan di hadapan MK, yang berarti di hadapan sembilan hakim konstitusi.

Baca juga: Kembali Jabat Ketua MK, Anwar Usman Diharapkan Jaga Integritas
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0846 seconds (0.1#10.140)