Tolak PHK, Buruh Jombang Gelar Aksi Dorong Motor

Kamis, 08 Oktober 2015 - 11:29 WIB
Tolak PHK, Buruh Jombang Gelar Aksi Dorong Motor
Tolak PHK, Buruh Jombang Gelar Aksi Dorong Motor
A A A
JOMBANG - Geram dengan maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di berbagai perusahaan, ribuan buruh di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar unjuk rasa dengan mendorong sepeda motornya beramai-ramai, Kamis (8/10/2015).

Dengan mematikan mesin dan mendorong sepeda motornya, ribuan buruh dari berbagai perusahaan ini mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten Jombang. Saat ini, sudah lebih dari 1.500 orang buruh di Jombang yang terkena PHK.

Adanya PHK tersebut bukan karena perusahaannya tidak mampu membayar upah buruh seperti yang dikhawatirkan pemerintah, tetapi karena di sejumlah perusahaan tersebut saat ini sedang dilakukan mekanisasi sehingga jumlah buruhnya dikurangi.

Korlap Aksi Heri Zandi mendesak Pemerintah Kabupaten Jombang mewaspadai proyek mekanisasi tersebut karena membuat jumlah buruh di Jombang yang terancam PHK akan lebih banyak lagi.

Selain itu, buruh juga memprotes kebijakan pemerintah yang cenderung menolak menaikkan upah buruh tahun ini. Padahal, menurut mereka, harga berbagai bahan kebutuhan pokok saat ini terus naik dan upah yang selama ini mereka terima sebesar Rp1.700.000 sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Buruh menuntut upah mereka tahun ini dinaikkan menjadi Rp2.700.000, sesuai dengan standar hidup layak di Jombang.

PILIHAN:

Derita ISPA akibat Kabut Asap, Bayi 28 Hari Meninggal
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9085 seconds (0.1#10.140)