Selamatkan Lahan Restorasi, TNGM Buat Jalur Pemisah

Senin, 28 September 2015 - 07:09 WIB
Selamatkan Lahan Restorasi, TNGM Buat Jalur Pemisah
Selamatkan Lahan Restorasi, TNGM Buat Jalur Pemisah
A A A
SLEMAN - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) terpaksa membuat jalur terpisah antara hutan yang terbakar dengan yang masih aman. Hal ini untuk mengantisipasi semakin meluasnya api merembet, terutama di lahan restorasi.

Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan TNGM Dhany Suryawan, mengatakan, jalur yang dibuat ini memanjang dengan lebar lima meter. Pihaknya memotong semak-semak yang mudah terbakar, dengan menyisakan tanah saja.

"Terpaksa kami buat jalur ini, untuk menyelamatkan lahan restorasi ekosistem yang tersisa," kata dia, Minggu (27/9/2015).

Lahan restorasi tersebut, berada di Kecamatan Srumbung dan Dukun, Kabupaten Magelang. Pihaknya bekerja sama dengan pihak ketiga, salah satunya Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

"JICA itu ada sekitar 50 hektare dan kita menggandeng juga Sumitomo yang lahan restorasinya sekitar seratus hektare. Itu kan berdampingan. Yang sudah hangus sekitar separuhnya," katanya.

Pohon-pohon yang hangus di antaranya seperti dadap, pinus, dan lainnya. Sementara untuk satwa, pihaknya memastikan tak ada yang ditemukan.

"Kejadian ini sangat menyedihkan. Pekerjaan selama lebih dari tiga tahun, sia-sia. Karena sudah habis kontraknya, sudah serah terima. Kita hanya bisa melakukan penyelamatan yang tersisa saja."

PILIHAN:

Pertahankan Kalung, Ibu RT Tewas Ditikam
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3183 seconds (0.1#10.140)