Putin Blakblakan Sebut Barat Musuh, Ungkap Alasan Perang di Ukraina

Rabu, 15 Maret 2023 - 04:38 WIB
loading...
Putin Blakblakan Sebut Barat Musuh, Ungkap Alasan Perang di Ukraina
Presiden Vladimir Putin secara terbuka mengatakan Barat sebagai musuh. Dia tegaskan yang dilakukan pasukan Moskow di Ukraina untuk mempertahankan eksistensi negara Rusia. Foto/via NDTV
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin secara terbuka mengatakan Barat bukan lagi mitra, melainkan musuh. Dia juga menyampaikan alasan utama mengapa militer Moskow perlu bertempur di Ukraina .

Dalam pidato di depan para pekerja di sebuah pabrik penerbangan di Buryatia pada hari Selasa, pemimpin Kremlin itu mengatakan apa yang dipertaruhkan di Ukraina adalah keberadaan Rusia sebagai sebuah negara.

Dia memperluas argumennya yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa Barat bertekad untuk memecah Rusia.



"Jadi bagi kami ini bukan tugas geopolitik, tapi tugas untuk mempertahankan kenegaraan Rusia, menciptakan kondisi untuk perkembangan negara dan anak-anak kami di masa depan," kata Putin.

Dia menuduh Barat menggunakan Ukraina sebagai alat untuk mengobarkan perang melawan Rusia.

“Untuk apa yang disebut ‘mitra’ Barat kami—untuk, sebenarnya, musuh kami, kami dapat mengatakannya secara terbuka hari ini—masalahnya adalah tentang meningkatkan sikap geopolitik mereka,” paparnya, menambahkan bahwa situasinya sangat berbeda untuk Moskow.

"Destabilisasi dan penghancuran Rusia telah lama menjadi salah satu tujuan utama musuh negara ini," imbuh dia, mendesak semua orang Rusia untuk menunjukkan persatuan di tengah kesulitan yang sedang berlangsung.

“Untuk mendekatkan perdamaian dan stabilitas, kita tentu perlu menunjukkan konsolidasi masyarakat kita, ketenangan. Ketika musuh melihat bahwa masyarakat kita kuat, sehat secara internal, terkonsolidasi, maka, tanpa keraguan, apa yang kita perjuangkan akan terjadi: kesuksesan dan kemenangan,” paparnya, seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (15/3/2023).

Lebih lanjut, Putin menegaskan bahwa melindungi orang Rusia yang tinggal di Ukraina dari penganiayaan oleh rezim Kiev tetap menjadi tujuan utama Moskow.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)