Jual Hewan Langka di Facebook, Remaja di Samarinda Ditangkap

Sabtu, 19 September 2015 - 14:23 WIB
Jual Hewan Langka di Facebook, Remaja di Samarinda Ditangkap
Jual Hewan Langka di Facebook, Remaja di Samarinda Ditangkap
A A A
SAMARINDA - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur (Kaltim) menangkap MR (15) karena menjual hewan langka di media sosial Facebook.

Setidaknya ada empat jenis hewan langka yang dijual remaja tersebut melalui transaksi secara online.

Komandan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Enggang Haris Sri Kuncoro menjelaskan, begitu mengetahui ada upaya transaksi hewan langka, pihaknya langsung bergerak cepat. Hasilnya mereka mengamankan empat jenis hewan langka yang seluruhnya masih bayi.

"Ada empat jenis hewan langka yang masih bayi, dijual di sebuah grup Facebook. Keempat hewan itu adalah Elang Bondol, Lutung Merah, Kucing Hutan, dan Uwak-uwak," kata Haris kepada wartawan, Sabtu (19/9/2015).

Selain mengamankan pelaku, polisi hutan juga berhasil mengamankan bukti transfer dan satu unit ponsel pintar yang digunakan untuk bertransaksi.

Dari hasil penyidikan, pelaku mengaku mendapat hewan langka ini dari seseorang di Kalimantan Selatan. Hewan kemudian dikirim menggunakan bus antar provinsi.

"Jadi, transaksi mereka tidak pernah saling tatap muka. Semuanya via komunikasi telepon dan pembayaran dengan transfer antar bank," tambahnya.

Mengenai harga, Haris menyebutkan hewan ini dijual dengan harga antara Rp350 ribu hingga Rp500 ribu. Meski dilindungi, peminat hewan ini juga cukup banyak di Samarinda.

"Memang sengaja dijual saat masih bayi karena masih jinak. Kalau sudah dewasa, tentu akan sulit dipindahkan, apalagi dirawat karena bisa melukai orang yang mendekatinya," pungkas Haris.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0114 seconds (0.1#10.140)