Gempa 5,6 SR di Garut Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 05 September 2015 - 11:53 WIB
Gempa 5,6 SR di Garut Tak Berpotensi Tsunami
Gempa 5,6 SR di Garut Tak Berpotensi Tsunami
A A A
GARUT - Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter (SR) di barat daya Kabupaten Garut, Sabtu (5/9/2015) dini hari tidak berpotensi tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, menyatakan bencana gempa bumi di barat daya Garut tidak berdampak kerusakan pada rumah penduduk atau bangunan fasilitas umum di Garut.

"Sejauh ini dampak dari gempa tadi tidak ada laporan kerusakan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dadi Zakaria.

Ia mengatakan, jajarannya masih melakukan pengecekan lebih dalam ke daerah-daerah dengan melibatkan unsur aparat pemerintah kecamatan.

Terutama, pengecekan dilakukan di daerah pesisir pantai selatan Kabupaten Garut mulai perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Cianjur.

"Kita lakukan pengecekan di wilayah pantai Garut yang memiliki panjang 80 kilometer," ucapnya.

Dadi menjelaskan, gempa bumi yang dirasakan itu tidak berpotensi tsunami. "Tidak ada tsunami, jangan sampai terjadi," ujarnya.

Diakuinya, guncangan gempa di Garut itu memang cukup luas dirasakan masyarakat di daerah Garut kota, Bandung, Cianjur bahkan sampai Pangandaran.

Meski tidak ada ancaman bencana lain, Dadi mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama warga pesisir pantai agar meningkatkan kewaspadaannya.

"Imbauan sudah jelas kita harus tetap waspada, meningkatkan kesiapsiagaan, karena masalah bencana ini tidak bisa diprediksi pasti," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9248 seconds (0.1#10.140)