Kabut Asap Kembali Selimuti Medan

Kamis, 03 September 2015 - 14:07 WIB
Kabut Asap Kembali Selimuti Medan
Kabut Asap Kembali Selimuti Medan
A A A
MEDAN - Kabut asap kebakaran hutan embali menyelimuti langit Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (3/9/2015) siang.

Kondisi ini semakin diperburuk dengan meningkatnya jumlah titik panas yang turut membakar hutan di sejumlah wilayah Sumatera Utara. Berdasarkan pantauan satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik api di Pulau Sumatera mencapai 898.

Rinciannya, Provinsi Aceh (lima titik), Riau dan Kepulauan Riau (221 titik), Sumatera Selatan (242 titik), Sumatera Barat (48 titik), dan Sumatera Utara (10 titik).

10 titik panas yang berada di Sumatera Utara terdeteksi di Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Tapanuli Utara, serta Kabupaten Toba Samosir.

Jarak pandang di Kota Medan mencapai 7 kilometer. Sementara, untuk jarak pandang penerbangan mencapai 1.200 meter. Meski tidak memengaruhi penerbangan pesawat besar, kabut asap mengganggu penerbangan pesawat kecil.

Menurut petugas BMKG Wilayah I Medan Nora Valencia Sinaga, kabut asap yang berada di Kota Medan masih berpotensi semakin tebal akibat kiriman dari Provinsi Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan.

BMKG mengimbau masyarakat menyalakan lampu saat berkendara untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4755 seconds (0.1#10.140)