Kemarau, Kebakaran di Manado Meningkat

Kamis, 03 September 2015 - 10:41 WIB
Kemarau, Kebakaran di Manado Meningkat
Kemarau, Kebakaran di Manado Meningkat
A A A
MANADO - Peristiwa kebakaran di Kota Manado, Sulawesi Utara, mengalami peningkatan tajam. Data yang dihimpun KORAN SINDO MANADO menyebutkan, sejak awal tahun 2015 hingga Rabu (2/9/2015), total sudah terjadi 165 peristiwa kebakaran. Bahkan, selama Agustus lalu, terjadi 67 peristiwa kebakaran di Kota Manado.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Manado Sonny Rompas, peningkatan peristiwa kebakaran di Kota Manado di Bulan Agustus itu lebih dipengaruhi kemarau panjang disertai angin kencang yang menerpa Kota Manado.

"Lihat saja, peristiwa kebakaran banyak diawali dengan kebakaran alang-alang. Ada 77 peristiwa kebakaran yang diawali dengan kebakaran alang-alang," ujar Rompas, Kamis (3/9/2015).

Dia memprediksi, peristiwa kebakaran terus meningkat jika tidak diantisipasi masyarakat. Apalagi, prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, kemarau terjadi hingga Desember.

"Untuk itu, orangtua harus senantiasa mengawasi anak-anaknya agar tidak bermain api sembarangan. Begitu pun bagi mereka yang merupakan perokok, agar tidak membuang rokok sembarangan. Selain itu, pengawasan di dapur harus ditingkatkan," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3999 seconds (0.1#10.140)