Lahan Sudah Dibebaskan, Bandara di Lebak Batal Dibangun

Kamis, 27 Agustus 2015 - 16:27 WIB
Lahan Sudah Dibebaskan, Bandara di Lebak Batal Dibangun
Lahan Sudah Dibebaskan, Bandara di Lebak Batal Dibangun
A A A
LEBAK - Rencana pembangunan bandara yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten batal.

Belum diketahui penyebab pasti pembatalan pembangunan bandara oleh Lion Grup tersebut, namun informasi yang beredar karena ketidakpastian izin yang diberikan Kemenhub sebab moda transportasi pendukung bandara yang masih minim.

Padahal, Pemda sendiri sudah melakukan pembebabasan lahan untuk rencana pembangunan ini. Pembebasan lahan sendiri sudah berjalan mencapai 900 hektar dari 2000 ribu hektar yang dibutuhkan untuk pembangunan bandara.

Menanggapi batalnya pembangunan bandara tersebut, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya tidak mempermasalahkannya. "Surat pembertitahuannya ada, dari Kemenhub yang disampaikan ke Pemkab Lebak," kata Iti.

Namun, lanjut Iti, masyarakat tak perlu khawatir pembatalan tersebut, karena untuk menggantinya saat ini pengaktifkan jalur kereta api Rangkasbitung-Bayah dan jalur ganda kereta api dari Jakarta dalam proses pembenahan oleh pemerintah pusat.

"Pemkab Lebak akan segera melaksanakan pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Rangkasbitung-Bayah. Terlebih, pembangunan jalur kereta ini mendapat respon baik dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," kata Iti kepada wartawan.

Ia juga mengatakan, meski pembangunan bandara akan gagal, kedepan Kecamatan Maja tetap menjadi Kawasan Siap Bangun (Kasiba).

"Jadi atau tidaknya pembangunan bandara tidak jadi masalah, yang penting pemerintah pusat harus mendukung jalur tranportasi lainnya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5051 seconds (0.1#10.140)