12 Keutamaan Sedekah, Nomor Terakhir Bisa Memperpanjang Umur

Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:15 WIB
loading...
12 Keutamaan Sedekah, Nomor Terakhir Bisa Memperpanjang Umur
Banyak keutamaan dari sedekah, salah satunya dapat memperpanjang umur kita. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Salah satu amal shaleh yang sangat dicintai Allah Subhanahu wa ta'ala adalah sedekah . Bahkan Allah SWT menjanjikan pahala dan balasan yang tak terhingga bagi hamba-hambaNya yang rajin bersedekah ini.

Banyak hadis dan ayat Al-Qur’an tentang sedekah ini. Misalnya, surat Al Hadid ayat 18. Dalam ayat ini Allah menjelaskan mengenai ganjaran yang akan didapatkan bagi orang rajin bersedekah. Misalnya:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَا لْمُصَّدِّقٰتِ وَاَ قْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ


"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. Al-Hadid : 18)


Allah yang berkehendak memberikan pahala sebanyak-banyaknya sebagai ganti kepada orang yang gemar bersedekah. Allah pasti beri yang lebih baik lagi. Allah Ta'ala berfirman :

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ


“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Dalam kitab tafsir Al-Qur'anul Azhim karya Ibnu Katsirrahimahullah, disebutkan bahwa Ibnu katsir berkata : “Selama engkau menginfakkan sebagian hartamu pada jalan yang Allah perintahkan dan jalan yang dibolehkan, maka Allah-lah yang akan memberi ganti pada kalian di dunia, juga akan memberi ganti berupa pahala dan balasan di akhirat kelak.”

Banyak sekali keutamaan sedekah yang yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala kepada orang-orang yang mau mengamalkan amal shaleh tersebut. Berikut di antaranya :

1. Memperkuat iman

Ibadah menjadi sarana pengabdian hamba terhadap Allah SWT dan sedekah dalam Islam menjadi salah satu perintah untuk semua umat muslim. Bersedekah yang dilakukan dengan niat ibadah pada Allah SWT akan semakin menguatkan iman pada Allah SWT.

2. Meningkatkan Empati Sosial

Sedekah merupakan proses memberikan apa yang kita miliki baik dari materil ataupun non materil pada orang yang membutuhkan. Bersedekah tersebut tidak hanya dilakukan untuk membantu orang lain yang sedang kesusahan namun juga melatih rasa empati kita pada orang lain khususnya pada penerima zakat atau sedekah tersebut.

3. Menghindari sikap kikir

Salah satu sifat buruk yakni kikir harus sangat dihindari sebab sebagai makhluk sosial, sudah tidak seharusnya kita memiliki sifat sombong dengan beranggapan jika yang kita miliki adalah karena hasil usaha kita saja tanpa menyadari campur tangan Allah SWT dalam hal tersebut.

Hal buruk ataupun baik yang terjadi pada diri kita harus disadari jika terdapat campur tangan dari Allah SWT dan juga campur tangan dari orang lain sehingga keutamaan bersedekah yang kita lakukan akan menjauhkan kita dari sikap yang kikir.

4. Menyembuhkan penyakit

Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat dalam Islam, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah!” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)