Tips Menghindari Karat pada Mobil, Lakukan supaya Awet!

Jum'at, 24 Februari 2023 - 17:20 WIB
loading...
Tips Menghindari Karat pada Mobil, Lakukan supaya Awet!
Tips menghindari karat pada mobil tentunya harus dipahami bagi para pemilik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tips menghindari karat pada mobil tentunya harus dipahami bagi para pemilik. Hal ini menjadi penting lantaran menyangkut harga nilai jual kembali dan usia pakai dari kendaraan .

Mobil tidak berkarat sejatinya akan memiliki nilai jual yang lebih baik, maka pencegahan harus selalu dilakukan. Terlebih ketika memasuki musim hujan, pencegahan tentu lebih baik dilakukan secara dini.

Karat pada komponen-komponen mobil yang berbahan besi biasanya menyebar dalam waktu yang lama dan akan semakin cepat apabila mobil sering terkena udara lembab yang bisa memicu timbulnya oksidasi dan juga korosi.

Baca juga : Gawat, Mobil Listrik Justru Rentan Karat dibanding Mobil Konvensional

Oleh karena itu tugas sebagai pemilik mobil adalah menjaganya supaya karat tidak menempel pada mobil. Namun sebelum melakukannya, ketahui dulu cara menghindari karat pada mobil.

Berikut tips menghindari karat pada mobil dengan mudah.

1. Rutin Mencuci

Penyebab utama kendaraan berkarat adalah air hujan. Diketahui air hujan memiliki kandungan asam tinggi, maka sebaiknya jangan dibiarkan lama menempel pada mobil. Terlebih ketika debu-debu dan lumpur yang menempel lekat pada kolong mobil.

Selain itu, usahakan ketika mencuci mobil tidak di malam hari. Sebab udara yang lembab akan mempengaruhi kelembapan pada body dan bagian dalam ruang mesin mobil. Oleh karena itu hal ini akan berpotensi besar menimbulkan karat.

2. Membersihkan debu dan lumpur yang menempel
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1180 seconds (0.1#10.140)