Muhammadiyah Beri Sinyal Bangun Partai Politik

Rabu, 05 Agustus 2015 - 15:50 WIB
Muhammadiyah Beri Sinyal Bangun Partai Politik
Muhammadiyah Beri Sinyal Bangun Partai Politik
A A A
MAKASSAR - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan tiga opsi kepada muktamirin pada Muktamar Muhammadiyah ke-47, di Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu opsi yang dilontarkan adalah mendirikan partai politik.

Peran Muhammadiyah dalam politik menjadi salah satu materi hangat dalam agenda muktamar kali ini. Para muktamirin atau peserta muktamar menginginkan pembahasan peran politik organisasi Muhammadiyah kembali diperjelas.

Atas desakan itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah memberikan tiga opsi peran Muhammadiyah dalam kancah politik nasional.

Salah satu opsi yang diberikan pada poin ke dua adalah Muhammadiyah membentuk partai sendiri atau menyatakan sikap memilih salah satu parpol yang ada, untuk digandeng menjadi partai utama.

Selain itu, opsi pada poin ketiga Muhammadiyah tetap pada dirinya sendiri sebagai gerakan dakwah pencerahan. Namun saat pilkada, pileg, maupun pilpres, Muhammadiyah akan mendukung salah satu calon yang memiliki pandangan politik sejalan.

Meksi demikian, Ketua Umum PP Muhammadiyah tetap berharap agar muktamirin memilih opsi pertama, yakni PP Muhammadiyah tetap pada jati dirinya sebagai gerakan kultural dan tidak terlibat pada politik kekuasaan.

Sementara itu, Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar diagendakan akan berlangsung dari 3-7 Agustus 2015 mendatang. Hari ini, kegiatan muktamar adalah proses pemungutan suara memilih 13 calon ketua dari 39 nama calon.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7611 seconds (0.1#10.140)