Rois Aam Harus Istikamah Jangan Sampai Seperti Makelar

Rabu, 05 Agustus 2015 - 13:23 WIB
Rois Aam Harus Istikamah Jangan Sampai Seperti Makelar
Rois Aam Harus Istikamah Jangan Sampai Seperti Makelar
A A A
JOMBANG - Rois Aam dalah jabatan tertinggi di dalam struktur Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Untuk itu Rois Aam ini harus memiliki kriteria-kriteria yang sesuai untuk membawa NU lima tahun mendatang

Chatib Aam PWNU Jawa Timur KH Syafruddin mengatatakan ada beberapa kreteria yang harus dipenuhi oleh figur Rois Aam.

Di antaranya adalah Muandzim yang artinya mengerti tentang organisasi. Kemudian Mukharriq yang artinya mampu mendinamisasikan menjadi motor penggerak untuk menggerakkan roda organisasi.

"Rois Aam harus bisa menggerakkan organisasi NU yang sedemikian besar. Selain itu harus khaibah yang berarti mempunyai kharisma yang sangat tinggi," katanya, Rabu (5/8/2015).

Kemudian, Rois Aam harus memiliki Wira'i yang artinya menjaga diri dari perkara-perkara yang haram dan Subhat.

"Harus memiliki Wira'i yang tinggi. Perkara Subhat tidak mau apalagi dengan perkara yang haram. Sehingga tidak banyak orang yang bisa duduk sebagai Rois Aam dengan persyaratan tersebut," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Rois Syuriah PWNU Jawa Timur KH Miftakhul Ahyar menambahkan, arti dari Wira'i adalah seorang Rois Aam tidak wira-wiri.

"Saya tambahkan Rois Aam tidak tolah-toleh atau ke sana-ke mari. Seorang Rois Aam harus istikamah jangan sampai terkesan sebagai makelar," katanya.

Selanjutnya, proses pemilihan baik Rois Aam maupun Ketua Umum Tanfidziah akan dilakukan pada Pukul 13.00 WIB. Saat sidang pleno di lokasi Muktamar yakni alun-alun Jombang.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)