Menkes-WHO Bahas Status Endemi Covid-19 Indonesia pada Mei 2023

Rabu, 22 Februari 2023 - 15:08 WIB
loading...
Menkes-WHO Bahas Status Endemi Covid-19 Indonesia pada Mei 2023
Menkes Budi Gunadi Sadikin akan bertemu Kepala WHO membahas perubahan status Pandemi menjadi endemi Covid-19 di Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin akan bertemu Kepala organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) pada Mei 2023. Dalam pertemuan tersebut, keduanya akan membahas soal perubahan pandemi Covid-19 ke endemi.

Menurut Budi, perlu ada koordinasi antarnegara karena pandemi Covid-19 terjadi di seluruh dunia. "Saya ingin ketemu Kepala WHO, rencananya di bulan Mei untuk bicara kalau kita (endemi) apakah itu tepat, proper, atau cara yang timing pas seperti apa. Karena biar gimana pandemi ini kan dunia, akan lebih baik kalau kita koordinasi dengan negara-negara di dunia," ujar Budi, Rabu (22/2/2023).

Budi mengungkap Jepang dan Amerika Serikat bersiap mengubah status pandemi Covid-19 ke endemi sekitar pada Mei-Juni 2023. Lantas kapan status pandemi ke endemi di Indonesia.



"Udah ngomong di level bawah oleh teman-teman WHO itu dikembalikan ke pemerintah masing-masing. Cuma WHO kasih catatan, kalau bisa diselaraskan dengan negara-negara lain. Saya kasih tahu sudah ada dua negara yang berencana mengubah dari pandemi ke endemi, yaitu Jepang dan Amerika Serikat. Perkiraannya itu di sekitar Mei atau Juni," ucapnya.



Seperti diberitakan, pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi pada 2023. Ini dilakukan dengan berpedoman pada ketentuan WHO.

“Jadi tahun ini adalah tahun di mana kita akan geser dari pandemi menjadi endemi. Kita sudah punya framework-nya. Kita juga sudah bicara dengan WHO. Mereka katakan juga akan me-review,” kata Budi dalam Raker Komisi IX DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)