45 Desa di Tegal Krisis Air Bersih

Jum'at, 31 Juli 2015 - 00:03 WIB
45 Desa di Tegal Krisis Air Bersih
45 Desa di Tegal Krisis Air Bersih
A A A
TEGAL - Sebanyak 45 desa di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dilanda krisis air bersih akibat kekeringan. Jumlah desa yang mengalami kekeringan diperkirakan terus bertambah karena musim kemarau masih panjang.

45 desa yang dilanda krisis air bersih tersebut tersebar di enam kecamatan yakni Suradadi, Dukuhwaru, Kedungbanteng, Pangkah, Balapulang, dan Slawi.

"Paling parah berada di Kecamatan Suradadi karena setiap hari warga butuh dropping air bersih," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal Tedjo Kisworo kepada Sindonews.com, Kamis (30/7/2015).

Menurut Tedjo, data jumlah desa yang dilanda krisis air bersih tersebut didasarkan pada laporan resmi dari kepala desa maupun camat. Sedangkan dari laporan tidak resmi, masih ada sejumlah desa di kecamatan lain yang juga membutuhkan dropping air bersih.

"Di (Kecamatan) Jatinegara dari informasi yang kami terima juga butuh air bersih, tapi dari perangkat desa atau camat kita belum terima laporan data rinci desa mana saja, sehingga kita belum bisa kirim bantuan air bersih. Selain itu juga di Kecamatan Kramat dan Talang," paparnya.

Untuk itu, Tedjo meminta aparat desa maupun kecamatan yang wilayahnya dilanda kekeringan untuk proaktif melapor ke BPBD agar segera bisa dikirim bantuan air bersih untuk warga.

"Silakan lapor. Tidak harus lewat surat, lewat telepon juga tidak apa-apa, sehingga kami punya data untuk menindaklanjuti," kata Tedjo.

Tedjo mengatakan, terdapat tiga mobil tangki air bersih yang setiap hari disediakan untuk dikirim ke desa-desa yang membutuhkan bantuan. Tiap satu mobil tangki berkapasitas sekitar 4.000 liter air bersih.

"Air bersih itu bantuan dari Gubenur dan BNPB Pusat. Setiap hari kita dropping, mulai pukul 06.00 WIB," kata dia.

Tedjo memperkirakan kekeringan akibat musim kemarau akan berlangsung hingga November mendatang. Sehingga, BPBD akan terus siaga untuk melakukan dropping air bersih dengan mengupayakan bantuan dari sejumlah pihak.

"Kemungkinan walaupun sudah musim hujan, bantuan air bersih tetap dibutuhkan," ucapnya.

PILIHAN:
Warga Nganjuk Temukan Dua Air Terjun Baru

Warga Nganjuk Temukan Dua Air Terjun Baru

source: http://daerah.sindonews.com/read/1012598/23/warga-nganjuk-temukan-dua-air-terjun-baru-1434323893
Warga Nganjuk Temukan Dua Air Terjun Baru

source: http://daerah.sindonews.com/read/1012598/23/warga-nganjuk-temukan-dua-air-terjun-baru-1434323893
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7663 seconds (0.1#10.140)