Gali Sumur, Dua Warga Tertimbun, Satu Tewas

Rabu, 29 Juli 2015 - 18:05 WIB
Gali Sumur, Dua Warga Tertimbun, Satu Tewas
Gali Sumur, Dua Warga Tertimbun, Satu Tewas
A A A
KULONPROGO - Dua warga Ngipik, Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo Martono tertimbun tanah dan batu saat kerja bhakti memperdalam sumur milik tetangganya.

Akibatnya satu warga tewas tertimbun tebing dinding sumur yang ambrol dan menimpa tubuhnya. Sedangkan satu warga lainnya berhasil diselamatkan.

Musibah ini terjadi ketika sumur milik Wongso Wiyono kering dan airnya sangat minim. Para tetangganya kemudian sepakat melakukan kerja bhakti memperdalam sumur dan akan mengganti dengan bus beton.

Tanpa diperintah Martono yang turun, ke dasar sumur menguras air dan mendalamkan. Namun tanpa diduga, tanah dan batuan di dinding sumur ambrol dan mengubur jasad korban.

Mendengar suara gemuruh, Wongso Wiyono langsung melongok dan tidak melihat korban. Wongso lantas menyusul masuk ke dalam sumur untuk mencari korban.

Namun kembali tebing sumur longsor dan mengubur badan Wongso Wiyono sampai setengahnya.

Kejadian inipun langsung direspon warga dengan melakukan pertolongan. Menggunakan tali tambang, tubuh Wongso Wiyono berhasil diangkat dan diselamatkan.

Sedangkan jasad Martono baru bisa diangkat setelah dilakukan upaya evakuasi selama satu setengah jam. Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

“Setengah badan saya sempat tertimbun longsoran dinding sumur,” jelas Wongso Wiyono korban selamat.

Dia sendiri mengaku luka lecet dan lebam di tubuh dan kakinya. Meski begitu dia cukup bersyukur bisa selamat dari maut.

Triyono, warga yang lain mengatakan, upaya menguras sumur itu sendiri dilakukan secara gotong royong.

Tidak ada yang meminta korban untuk turun dan menguras. Namun korban justru menawarkan diri untuk turun dan menguras. “Dia yang minta untuk turun dan menguras,” jelasnya.

Pihak kepolisian juga langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP. Dari keterangan saksi, musibah inipun murni kecelakaan.

“Kejadian ini murni kecelakaan dan tidak ada faktor kesengajaan,” jelas Kapolsek Lendah AKP Bambang DP.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.1388 seconds (0.1#10.140)