Menakar Calon Kapten Baru Barcelona

Senin, 27 Juli 2015 - 19:59 WIB
Menakar Calon Kapten Baru Barcelona
Menakar Calon Kapten Baru Barcelona
A A A
BARCELONA - Kehilangan Carles Puyol dan Xavi Hernandez secara beruntun telah menciptakan ketidakpastian siapa yang akan memimpin skuat Barcelona musim depan. Selama dua musim berturut-turut La Blaugrana -julukan Barca- dipaksa mengucapkan salam perpisahan kepada dua ikon mereka dalam beberapa dekade kebelakang. Kini skuat besutan Luis Enrique tidak mempunyai sosok kapten mumpuni untuk jadi suksesor dua pendahulunya tersebut.

Kapten sendiri sudah seperti roh dalam sebuah tim, tidak terkecuali buat skuat Catalan. Keberadaan mereka sangat penting untuk memimpin pasukan Barca saat di lapangan sebagai kepanjangan tangan dari pelatih. Selain punya visi bermain, kepemimpinan dan wibawa, mutlak dimiliki seorang kapten untuk memotivasi para pemain. Sosok kapten Barca harus bisa menjadi komandan rekan-rekan setimnya di lapangan, dan jadi panutan di luar lapangan.

(Baca Berita Seputar Barcelona di Sini)

Salah satu contoh sempurna adalah Puyol yang sempat mengemban ban kapten Barca dalam 10 tahun terakhir. Semasa menjabat ban kapten, Puyol adalah pemain yang paling berdedikasi untuk klub asal Catalan. Sayang cedera panjang yang menimpanya, membuat Puyol memutuskan gantung sepatu. Sepeninggal pemilik nomor lima itu, Barca menyerahkan ban kapten kepada Xavi. Tapi pada akhir musim 2014-2015 kemarin, playmaker jempolan asal Spanyol itu pindah ke Qatar.

Kini otomatis ban kapten Barca belum mempunyai pemilik baru. Dari sekian banyak calon kapten tim dalam skuat Barcelona saat ini, nama Andres Iniesta dan Sergio Busquets, masuk dalam bursa untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan La Blaugrana. Sembari menunggu terjawabnya teka-teki kapten baru skuat besutan Luis Enrique, Sindonews akan coba menakar calon kapten baru Barca.

1. Andres Iniesta

Sosok Iniesta dinilai layak jadi penerus Xavi, mengingat pada musim sebelumnya Iniesta ditunjuk sebagai wakil pertama kapten Azulgrana mendampingi Xavi. Sementara itu Lionel Messi dan Sergio Busquets menempati posisi berikutnya jika kapten dan wakilnya tak bisa bermain. Pada musim sebelumnya, Victor Valdes menjadi kapten ketiga setelah Puyol dan Xavi. Tetapi penjaga gawang berusia 32 tahun tersebut meninggalkan Camp Nou setelah menolak memperpanjang kontrak.

Sementara itu dalam beberapa kesempatan jumpa pers di tur pramusim El Barca, Iniesta selalu tampil mendampingi pelatih Luis Enrique. Apakah hal tersebut menjadi sinyal bahwa Iniesta yang akan menjadi pemimpin skuat La Blaugrana di musim mendatang.

2. Sergio Busquets

Bersama dengan Iniesta, sosok Busquets menjadi salah satu pemain yang paling dihormati rekan lainnya di ruang ganti.
Baik Iniesta maupun Busquets merupakan sosok yang paling dihormati rekan lainnya di ruang ganti. Keduanya juga punya kharisma kepemimpinan yang dibutuhkan tim berisikan pemain muda seperti Barca

3. Javier Mascherano

Selain kedua nama di atas, masih ada nama Javier Mascherano yang layak menjadi calon kapten berikutnya Barcelona. Mascherano adalah jebolan akademi La Masia, selain itu perannya sangat penting dalam skuat besutan Enrique dalam beberapa musim terakhir. Kemampuan komunikasi Mascherano dengan para penggawa Barca lainnya juga tidak perlu diragukan lagi.

4. Gerard Pique

Pique sebelumnya menyatakan sangat ingin mendapatkan peran lebih besar menyambut Liga Spanyol musim 2015-2016, mendatang. "Meskipun saya bukan kapten, saya memainkan peran penting dalam tim. Apakah saya menjadi kapten atau tidak di masa depan, saya akan terus memainkan peran penting," ujar Pique.

"Saya ingin menjadi kapten di masa depan. Tapi, bukan sesuatu yang harus saya gapai saat ini. Belum waktunya saya memegang jabatan ini. Mari kita lihat nanti," tandasnya

5. Lionel Messi

Nama terakhir yang tidak ketinggalan disebut sebagai calon kapten Barca berikutnya, adalah Lionel Messi. Kontribusi La Pulga -julukan Messi- untuk skuat Catalan tidak perlu dipertanyakan lagi. Rentetan golnya telah membawa La Blaugrana menjadi salah satu klub paling disegani. Messi yang sudah berusia 28 tahun dinilai akan mampu memimpin rekan-rekannya, baik yang muda maupun yang lebih senior.

Tapi pelatih Barca, Luis Enrique mengaku telah menyerahkan sepenuhnya keputusan kapten tim kepada seluruh skuat. Disebutkan para pemain akan mengambil keputusan dengan cara melakukan pemungutan suara awal Agustus nanti, saat semua pemain Barca kembali dari liburan mereka untuk menentukan siapa yang layak mengemban ban kapten.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4321 seconds (0.1#10.140)