Rusia Pastikan Kirim Pasukan ke China

Minggu, 26 Juli 2015 - 17:54 WIB
Rusia Pastikan Kirim Pasukan ke China
Rusia Pastikan Kirim Pasukan ke China
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia memastikan akan mengirimkan pasukan, lengkap dengan seluruh alat-alat tempur ke China pada September mendatang. Bukan untuk beperang atau menggelar latihan gabungan, tapi untuk berpartisipasi dalam parade militer besar-besaran guna merayakan hari kemenangan China atas Jepang.

Kepastian keterlibatan Rusia dalam parade militer tersebut disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Rusia melalui sebuah pernyataan. Menurut kementerian itu, pengiriman pasukan ini merupakan bentuk apresiasi Rusia atas keterlibatan China dalam parade militer yang digelar di Lapangan Merah, Moskow 9 Mei lalu.

"Partisipasi dari unit China di parade kemenangan pada 9 Mei 2015 adalah tanda terima kasih kepada keberanian dan kepahlawanan Sebuah tim seremonial Rusia karena berpartisipasi dalam Parade Kemenangan di Lapangan Tiananmen pada 3 September mendatang,” kata kementerian itu, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (26/7/2015).

Keterlibatan Rusia dalam parade di Beijing juga semakin menunjukan betapa mesranya hubungan kedua negara. China sendiri memang merupakan salah satu mitra dan juga sekutu utama dan terbesar Rusia di kawasan Asia, selain Korea Utara.

Selain terlibat dalam parade militer di masing-masing negara, kedua negara juga sempat beberapa kali terlibat dalam latihan perang gabungan. Terakhir, kedua negara melakukan latihan perang bersama pada Mei lalu di kawasan Mediterania.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5561 seconds (0.1#10.140)