Aceh Direndam Banjir Setinggi 1,5 Meter

Rabu, 15 Juli 2015 - 23:37 WIB
Aceh Direndam Banjir Setinggi 1,5 Meter
Aceh Direndam Banjir Setinggi 1,5 Meter
A A A
ACEH - Ribuan rumah di tiga kecamatan, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, hingga Rabu 15 Juli 2015 masih terendam banjir setinggi 1,5 meter akibat luapan Sungai Teunom. Banjir kali ini merupakan yang terparah.

Kecamatan yang terendam banjir terdiri dari Kecamatan Teunom, Kecamatan Krung Sabe, dan Kecamatan Setia Bakti. Banjir disebabkan curah hujan tinggi selama tiga hari yang menyebabkan Sungai Teunom meluap dan menggenangi rumah warga.

Selain rumah warga, banjir juga merendam jalan lintas provinsi menuju Kota Banda Aceh. Meski begitu, warga tetap masih bertahan di rumah masing-masing, dan enggan mengungsi. Warga berharap, pemerintah setempat menurunkan bantuan.

Banjir seperti ini memang sering terjadi setiap tahun jika curah hujan tinggi. Korban banjir tidak bisa berbuat apa-apa. Mereka hanya bisa pasrah, apalagi banjir melanda dua hari menjelang Lebaran.

Kendati sudah menjadi langganan, pemerintah setempat masih belum melakukan tindakan nyata baik berupa bantuan sembako, atau kesehatan. Di sisi lain, banjir mendatangkan rezeki dadakan bagi warga.

Banjir yang menggenangi badan jalan setinggi satu meter membuat para pemudik yang menggunakan roda dua terpaksa mengantri menggunakan jasa warga dengan becak dayung dengan membayar Rp20 ribu sekali jalan.

Sementara mobil pribadi dan angkutan umum yang nekat melewati banjir, terpaksa mendorong mobilnya tanpa menghidupkan mesin. Akibat banjir ini, sebagian pemudik yang menggunakan mobil dan angkutan terpaksa menunda keberangkatannya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4504 seconds (0.1#10.140)