Cuaca Ekstrem, KM Fajar Jaya 01 Tenggelam Diterjang Badai 6 Kru Terjun ke Laut

Rabu, 15 Februari 2023 - 14:36 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem, KM Fajar Jaya 01 Tenggelam Diterjang Badai 6 Kru Terjun ke Laut
Cuaca ekstrem di laut kawasan Riau mengakibatkan KM Fajar Jaya 01 tenggelam digulung badai. Lokasi tenggelamnya kapal di Perairan Pulau Jawa, Dumai. Foto/Ilustrasi/iNews TV/Abdul Rahem
A A A
DUMAI - Cuaca ekstrem di laut kawasan Riau mengakibatkan KM Fajar Jaya 01 tenggelam digulung ombak. Lokasi tenggelamnya kapal di Perairan Pulau Jawa, Dumai, Provinsi Riau.

Kapten kapal beserta lima anak buah kapal (ABK) memutuskan menyelamatkan diri dengan terjun ke laut lepas. Setelah sempat terapung-apung, mereka diselamatkan oleh kapal minyak yang melintas di sekitar lokasi kejadian.



"Hari ini kita mendapat informasi kalau ada kapal nelayan dihantam badai. Hari ini tim berangkat ke lokasi untuk mengevakuasi para korban," kata Kepala Basarnas Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya, Rabu (15/2/2023).

Dia menjelaskan bahwa saat kejadian kapal pengangkut minyak MT Pelangos One berangkat dari Teluk Semangka dengan tujuan Dumai. Namun dalam perjalanan mereka melihat kapal nelayan dihantam ombak.

Kapal KM Fajar Jaya tenggelam dan enam orang di dalamnya terjun dan terombang ambing di tengah laut. Para crew MT Pelangos One berhasil menyelamatkan enam orang itu.

Sidakarya menjelaskan, berdasarkan keterangan dari enam orang korban, saat kejadian mereka sedang mencari ikan. Namun kapal mereka dihantam badai.



Identitas enam korban itu adalah Kastari (38), Nanang Maulan (19), Sugiharto (22), Samsudin (30), Imam Iswanto (22), dan Arif Saefudin (23). Saat ini enam orang itu sudah di kapal MT Pelangos One untuk diserahkan ke pihas Basarnas.

"Hari ini (Rabu) tim kita, Rescue KN 218 Dumai bergerak menuju titik penjemputan yang jaraknya 3,34 NM," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4198 seconds (0.1#10.140)