Dipimpin Syafruddin, ASFA Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki

Sabtu, 11 Februari 2023 - 08:52 WIB
loading...
Dipimpin Syafruddin, ASFA Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Turki
Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA) menyalurkan bantuan sebesar 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) untuk korban gempa Turki dan Suriah. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA) menyalurkan bantuan sebesar 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) untuk korban gempa Turki dan Suriah. ASFA menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Turki sebesar 50.000 dolar AS dan di Suriah 50.000 dolar AS.

Perjalanan delegasi ke Istanbul Turki dipimpin oleh Ketua ASFA Foundation Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo pada Jumat (10/2/2023). Syafruddin didampingi oleh Wakil Ketua Lazis Assalam Fil Alamin (ASFA) KH Anizar Masyhadi, Bendahara Pangeran Arsyad, Pengurus Zakir Sabara, Pimpinan Media Herald Achi Rasyid, dan rombongan lainnya.

Bantuan kemanusiaan tersebut disalurkan secara langsung oleh Anizar Masyhadi dan Bendahara Pangeran Arsyad di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul melalui lembaga resmi dan kredibel di Turki, Bulan Sabit Merah Turki atau Turk Kizilay.





Sedangkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Suriah telah disalurkan secara langsung oleh Sekretaris Lazis ASFA M Adil Triansyah, Pengurus Buyung Wijaya, dan Direktur Kantor Maulana Darsono melalui Dubes Suriah di Jakarta HE. Abdul Munim Anan pada Kamis (9/2/2023).

Bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dikoordinir oleh KJRI Istanbul. Penyerahan bantuan itu dihadiri oleh Konjen RI di Istanbul HE. Imam Asy'ari, Duta Besar Turki untuk Indonesia yang akan datang HE. Taleb Kucukan, Kadem EKSI President of Kizilay Istanbul dan jajarannya.

Elemen masyarakat di Turki, PPI, Masyarakat Muslim Indonesia, PCIM, PCINU, Dharma Wanita, dan lainnya juga ikut berpartisipasi dalam donasi bantuan untuk korban gempa bumi.

Ketua ASFA Foundation Haji Syafruddin menyampaikan rasa duka dan belasungkawa serta kepedulian yang mendalam atas terjadinya bencana gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah yang memakan korban lebih dari 23 ribu orang tewas. Dia menyerukan semua umat manusia di dunia dan lembaga-lembaga foundation atau lembaga zakat di Indonesia untuk ikut berkontribusi membantu.

Dirinya yang juga sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengutip hadis Rasulullah Muhammad SAW. "Allah senantiasa akan menolong hambanya, selama hamba tersebut menolong orang lain" dan yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Para pengasih dan penyayang akan dikasihi dan disayang oleh Ar-Rahmaan (Allah), sayangilah yang ada di bumi niscaya kalian akan disayangi oleh Dzat yang ada di langit (Allah),” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)