Pemkab Karanganyar Berikan Insentif RT/RW Rp1 Juta

Jum'at, 03 Juli 2015 - 15:30 WIB
Pemkab Karanganyar Berikan Insentif RT/RW Rp1 Juta
Pemkab Karanganyar Berikan Insentif RT/RW Rp1 Juta
A A A
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Karanganyar memberikan uang insentif kepada ketua RT/RW sebesar Rp1 juta di 17 kecamatan yang ada di karanganyar.

Kepala Bagian Pemerintah Desa dan Kelurahan Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Sunarno, menyebutkan pencairan insentif itu memang sengaja dilakukan.

Menurutnya hal itu sebagai bentuk apresiasi yang diberikan oleh Pemkab Karanganyar kepada Ketua RT dan ketua RW yang ada."Tugas mereka itu cukup berat sehingga layak untuk mendapatkan insentif tahunan," katanya.

Proses pencairan uang tersebut nantinya akan dilakukan melalui Bank Jateng sebagai rekanan. Masing-masing penerima tinggal datang ke bank dengan membawa bukti pencairan yang diberikan oleh Pemkab karanganyar.

"Kita berikan SPJ kepada mereka dan nantinya mereka tinggal mencairkan dana ke Bank sesuai dengan waktu yang ditentukan," ucapnya, Jumat (3/7/2015) siang.

Ia menyebutkan selain memberikan insentif, Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga memberikan uang operasional untuk RT/RW sebesar Rp500.000.

Uang tersebut nantinya bisa digunakan untuk kegiatan bersama di tingkat masyarakat. Hal itu sekaligus untuk meringankan beban Ketua RT maupun RW yang biasanya harus mengeluarkan uang pribadi.

Pihaknya menargetkan pencairan insentif san dana operasional itu bisa rampung sebelum lebaran kali ini. Dengan seperti itu nantinya uang tersebut bisa lebih bermanfaat baik untuk ketua RT/RW maupun untuk masyarakat.

"Kalau sumber dananya tahun berasal dari Alokasi Dana Desa, sedangkan untuk tahun kemarin diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) Kabupaten Karanganyar," sebutnya.

Sementaraitu Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan pemberian uang insentif itu diharapkan mampu mengobarkan semangat keikhlasan bagi Ketua RT/RW yang ada.

Apalagi tugas RT dan juga RW saat ini cukup berat saat mengkoordinir dan menggerakan kegiatan masyarakat. Bahkan menurutnya perlu perjuangan ekstra yang dilakukan oleh ketua RT atau RW bagi rakyatnya.

Ia juga mengatakan jika memungkinkan dana Insentif itu bakal ditambah lagi pada tahun depan. "Kalau memang perlu nantinya akan kita tambah lagi di tahun depan," tegasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7840 seconds (0.1#10.140)