Brimob Kawal Pengikut Syiah yang Mudik ke Sampang

Kamis, 02 Juli 2015 - 13:56 WIB
Brimob Kawal Pengikut Syiah yang Mudik ke Sampang
Brimob Kawal Pengikut Syiah yang Mudik ke Sampang
A A A
SAMPANG - Sebanyak dua pleton anggota Brimob Polda Jatim, diterjunkan pada dua desa yang menjadi tempat pengikut syiah menjelang lebaran.

Hal itu dilakukan untuk mengamankan pengikut syiah yang mudik untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

Sebab, selama ini para pengikut syiah berada di Rusun Jumondo, Sidoarjo pasca terjadinya konflik beberapa tahun lalu. Kedua desa itu meliputi Karang Gayam, Kecamatan Omben dan Blu'uran, Kecamatan Karang Penang, Sampang.

"Pasukan Brimob akan menggelar patroli dan memberikan pengawalan ekstra terhadap warga penganut aliran syiah yang mudik ke kampung halaman," terang Kabag Ops Polres Sampang, Kompol Syaiful Anam, Kamis (2/7/2015).

Menurut Syaiful, pihaknya akan melakukan pengawalan mulai dari rusun Jumondo Sidoarjo hingga ke kampung halaman warga pengikut aliran Syiah. Kemudian sampai kembali lagi ke Sidoarjo.

"Tujuannya biar masyarakat merasa aman. Kedua, kita antisipasi jangan sampai terulang kembali kejadian itu. Kami juga sudah koordinasi dengan Kodim 0828 dan Polsek setempat yang sewaktu-waktu bisa diminta bantuannya," papar Syaiful.

Ia menambahkan, peluang warga pengikut syiah bisa kembali lagi ke rumahnya masih sulit. Pasalnya, masyarakat setempat masih menolak keberadaan mereka. Pemerintah terus melakukan upaya-upaya ke arah tersebut.

"Salah satu upayanya melakukan pendekatan. Tetapi, masyarakat belum menerima," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5381 seconds (0.1#10.140)