Hutan Riau Kembali Kebakaran, Ada 17 Titik Api

Selasa, 30 Juni 2015 - 00:28 WIB
Hutan Riau Kembali Kebakaran, Ada 17 Titik Api
Hutan Riau Kembali Kebakaran, Ada 17 Titik Api
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan akhir-akhir ini kembali muncul di Riau. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofika (BMKG) mencatat, ada 71 titik api yang tersebar di Riau.

Pihak Pemerintah Propinsi (Pemprov) Riau menyatakan, saat ini wilayahnya siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Berdasarkan data Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB), sedikitnya 142 hektare hutan dan lahan di Riau terbakar.

"Di mana 69 hektara sudah berhasil dipadamkan. Sisanya masih diupayakan pemadaman oleh polisi, TNI, BPBD, masyarakat, dan perusahaan yang ada di Riau," kata Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin (29/6/2015).

Ditambahkan dia, kebakaran di Riau terjadi karena saat ini minim hujan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Waspada kebakaran hutan juga tidak hanya dilakukan pemerintah. Pihak perusahaan juga melakukan hal yang sama.

Di antaranya adalah produsen bubur kayu dan kertas terintegrasi APRIL (Asia Pacific Resources International Limited) Grup yang beroperasi di Riau. Perusahaan ini turut membantu pemadaman kebakaran hutan.

"APRIL grup sudah menetapkan status waspada kebakaran pada seluruh konsesi hutan yang berada di Riau, mulai 1 Juli 2015," kata Managing Director APRIL Group Indonesia Operations Tony Wenas.

Menurut dia, dengan penetapan status rawan kebakaran, akan menjadi sinyal bagi seluruh karyawan dan masyarakat di sekitar untuk mewaspadai munculnya api di area sekitar, terutama tidak menyalakan api di tempat terbuka.

"Penetapan status waspada kebakaran ini akan meningkatan kewaspadaan karyawan dan kontraktor, serta masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan selama musim kemarau," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4305 seconds (0.1#10.140)