ISIS Hancurkan Makam Kuno di Irak

Selasa, 23 Juni 2015 - 22:33 WIB
ISIS Hancurkan Makam Kuno di Irak
ISIS Hancurkan Makam Kuno di Irak
A A A
PALMYRA - ISIS dilaporkan kembali melakukan penghancuran terhadap situs-situs bersejarah di Irak. Kali ini kelompok radikal tersebut mengahancurkan situs bersejarah Islam di kota kuno Palmyra, Irak.

Direktur Museum Negara, Maamoun Abdulkarim mengatakan, ISIS setidaknya meledakan dua makam tokoh Islam di Irak. Makam pertama yang dihancurkan adalah makam Muhammad bin Ali, keturunan keluarga Nabi Muhammad dan Nizar Abu Bahaaeddine, tokoh agama dari Palmyra.

"ISIS menghancurkan kedua makam tersebut tiga hari yang lalu," kata Abdulkarim dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Outlook India pada Selasa (23/6/2015).

Makam Ali, lanjut Abdulkarim, terletak di sebuah bukit yang berjarak empat kilometer dari pusat kota Palmyra. Sedangkan makam Abu Bahaaeddine terletak di dekat sebuah oase yang berjarak 500 meter dari pusat kota Palmyra.

ISIS sendiri telah merilis foto penghacuran kedua makam tersebut. Dalam foto yang dirilis ISIS, nampak dua orang membawa sebuah tas yang ternyata berisi bahan peledak, dan menempatkannya di atas makam kedua tokoh Islam di Palmyra itu.

Abdulkarim mengatakan, ISIS setidaknya sudah menghancurkan 50 makam tokoh-tokoh Islam Irak, hanya karena tidak sesuai dengan keyakinan yang dianut ISIS. "Mereka menganggap keberadaan makan tokoh Islam itu bertentangan dengan keyakinan mereka, dan mereka juga melarang warga untuk melakukan ziarah kubur," imbuh Abadulkarim.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3623 seconds (0.1#10.140)