Fenomena Keluarnya Cacing di Bantul Bukan Tanda Gempa

Rabu, 03 Juni 2015 - 14:45 WIB
Fenomena Keluarnya Cacing di Bantul Bukan Tanda Gempa
Fenomena Keluarnya Cacing di Bantul Bukan Tanda Gempa
A A A
YOGYAKARTA - Bermunculannya cacing dari dalam tanah di wilayah Kabupaten Bantul dinilai hanya fenomena alam biasa. Keluarnya cacing ke permukaan tanah lebih dikarenakan pergantian musim, bukan sebagai tanda-tanda akan datangnya gempa.

"Salah satu kejadian yang terjadi saat gempa memang banyak cacing yang keluar dari tanah. Tapi keluarnya cacing ini juga bisa dikarenakan banyak hal lainnya. Untuk kali ini saya perkirakan karena pergantian musim saja," ujar pakar kegempaan dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Sarwidi, Rabu (3/6/2015).

Kepada KORAN SINDO, Sarwidi menuturkan, fenomena serupa sebenarnya juga terjadi di wilayah utara Yogyakarta seperti di lingkungan tempat tinggalnya.

Menurutnya, musim yang telah memasuki kemarau namun masih ada hujan bisa menyebabkan suhu di dalam tanah lebih tinggi dari permukaan. Hal itulah yang memicu cacing muncul ke permukaan.

"Dari prediksi saya, nampaknya belum akan muncul gempa lagi. Karena energi dari lempengan susur Opak belum terakumulasi besar untuk dapat menimbulkan gempa. Buktinya lagi, gempa tahun 2006 lalu terjadi setelah 150 tahun dari gempa terakhir di Yogyakarta," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, muncul pesan berantai yang beredar di Yogyakarta melalui beragam media sosial terkait bakal terjadi bencana dasyat dalam waktu dekat. Pesan itu berisi fenomena alam terkait keluarnya cacing tanah dalam kondisi lemas.

Baca juga: Pesan Berantai Bakal Ada Gempa Dahsyat Resahkan Warga Yogya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4137 seconds (0.1#10.140)