Iran Serang ISIS dengan Lomba Karikatur

Rabu, 27 Mei 2015 - 16:25 WIB
Iran Serang ISIS dengan Lomba Karikatur
Iran Serang ISIS dengan Lomba Karikatur
A A A
TEHERAN - Iran memilih cara sederhana untuk menyerang ISIS untuk mengungkap wajah jahat kelompok itu. Caranya, dengan menggelar lomba karikatur mengekspose kekejaman ISIS.

Lomba itu berlaku untuk warga di seluruh dunia. Setidaknya sudah 800 karikatur dari 43 negara di seluruh dunia yang sudah diterima oleh “Iranian House of Cartoon”, panitia lomba. Dari ratusan karikatur itu akan dipilih 280 yang terbaik dan akan diumumkan pemenangnya pada 31 Mei 2015.

”Dalam rangka untuk mengungkapkan sifat sebenarnya dari Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), kami memutuskan untuk mengadakan kontes ini dan menerima orang-orang mengirimkan kartun atau karikatur mereka. ISIS mencoba untuk mengasosiasikan dirinya sebagai Islam, tetapi pada dasarnya kelompok itu tidak tahu tentang Islam,” kata Masoud Shojaei, salah satu panitia lomba, sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (27/5/2015).

Kontes ini dibagi dua bagian, yakni kartun dan karikatur. Tujuannya selain mengekspos kejahatan ISIS juga untuk mendukung pemerintah dari negara yang diserbu kelompok radikal itu.

Dalam lomba karikatur itu ada beberapa tokoh yang jadi sasaran ejekan. Mereka di antaranya, pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi, anggota keluarga kerajaan Qatar, Hamad bin Khalifa Al Thani, dan empat pemimpin Barat--PM Israel Benjamin Netanyahu, PM Inggris David Cameron, Presiden Perancis François Hollande dan PresidenAS Barack Obama.

“Saat ini semua orang di seluruh dunia tahu tentang parasit dengan nama ISIS dan apa kejahatan yang mereka lakukan terhadap kemanusiaan, seni dan budaya,” ujar Mohamed Habibi, seorang panitia lomba kepada stasiun Press TV.

”Seniman sekarang memiliki tugas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kelompok ini dengan berpartisipasi dalam acara tersebut,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4775 seconds (0.1#10.140)