Dana Pembangunan Pasar Klewer Dikucurkan Bertahap

Minggu, 24 Mei 2015 - 14:00 WIB
Dana Pembangunan Pasar Klewer Dikucurkan Bertahap
Dana Pembangunan Pasar Klewer Dikucurkan Bertahap
A A A
SOLO - Pemerintah pusat bakal mengucurkan dana pembangunan Pasar Klewer, Solo secara bertahap di tahun 2015 dan 2016. Anggaran tidak dikucurkan sekaligus karena dikhawatirkan tidak terserap seluruhnya.

Dirjend Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina mengatakan, semula usulan anggaran untuk pembangunan Pasar Klewer yang terbakar akhir Desember 2014 lalu sebesar Rp119 miliar.

Namun usulan naik lagi menjadi Rp159 miliar agar pembangunan dapat dilaksanakan secara menyeluruh. Pada tahun 2015, pemerintah pusat baru mengalokasikan Rp61,8 miliar dalam APBN Perubahan mengingat ada keterlambatan.

"Tidak dialokasikan sekaligus karena takutnya justru tidak selesai," ungkap Srie Agustina usai bertemu dengan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung, rumah dinas Walikota, Minggu (24/5/2015).

Pada sisi lain, Pemkot Surakarta juga harus menyiapkan dana pendampingan di APBD yang bulan Mei ini baru review.

Dikatakan, dana Rp61,8 miliar yang dikucurkan di tahun 2015, seluruhnya dipergunakan untuk pembangunan fisik pasar batik terbesar di Indonesia ini.

Sedangkan Rp97,2 miliar sisanya akan dikucurkan lagi pada tahun 2016. Pelaksanaan pembangunan fisik diserahkan sepenuhnya kepada Pemkot Surakarta.

Pemerintah Pusat sifatnya memberikan tugas pembantuan. Artinya, ada pengalihan tanggungjawab mutlak dana dari pusat ke daerah. Semuanya harus on the track sesuai aturan yang berlaku.

Pihaknya menargetkan pembangunan fisik akan dilaksanakan mulai Juni mendatang. Sebab proses perencanaan baru selesai di akhir Mei.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3264 seconds (0.1#10.140)