Jurus Anies Baswedan Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Sabtu, 23 Mei 2015 - 14:34 WIB
Jurus Anies Baswedan Dapat Beasiswa ke Luar Negeri
Jurus Anies Baswedan Dapat Beasiswa ke Luar Negeri
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Rasyid Baswedan mempunyai kiat jitu bagi para pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Salah satunya adalah dengan bertindak aktif.

"Satu, cari informasi yang lengkap (mencari beasiswa). Tidak boleh pasif, harus aktif. Kalau pasif jangan harap dapat beasiswa," kata Anies, di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Sabtu (23/5/2015).

Selanjutnya, siapkan diri denggan baik. Dimulai ketika mengisi aplikasi ataupun syarat-syarat dalam memperoleh beasiswa. Dalam mengisi aplikasi, tidak boleh asal-asalan, karena berimbas pada kegagalan mendapat beasiswa.

"Saat mengisi aplikasi jangan tanggung-tanggung. Jangan asal jadi, tapi harus sebaik-baiknya dengan benar," terangnya.

Tips ketiga, untuk mendapat beasiswa ke luar negeri harus pandai bahasa asing. Dengan menguasai bahasa asing, pencari beasiswa akan memiliki kepercayaan diri yang kuat saat melakukan wawancara persiapan masuk beasiswa.

"Tentu, kuasai bahasa, dan lain-lainnya. Ketika sudah akan wawancara, persiapkan dengan baik. Cermati dasar-dasar pertanyaannya, dasar-dasar jawaban, harus latihan terus-menerus," tuturnya.

Dengan sejumlah syarat itu, biaya tidak akan menjadi soal. Dengan memperoleh beasiswa, biaya pendidikan tinggi yang selangit bukan penjadi beban, karena sudah difasilitasi pemberi beasiswa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8121 seconds (0.1#10.140)