Raja PB XIII Hangabehi Gelar Tingalan Jumenengan Sendiri

Kamis, 14 Mei 2015 - 22:11 WIB
Raja PB XIII Hangabehi Gelar Tingalan Jumenengan Sendiri
Raja PB XIII Hangabehi Gelar Tingalan Jumenengan Sendiri
A A A
SOLO - Raja Keraton Kasunanan Surakarta Sampeyan Ingkang Sunuwun Kanjeng Susuhunan (SISKS) PB XIII Hangabehi diduga menggelar prosesi sendiri dalam upacara adat Tingalan Jumenengan Ndalem (peringatan raja bertakhta) ke-11. Prosesi digelar secara tertutup di Sasana Nalendra Karaton Surakarta.

Lokasi itu merupakan kompleks tempat tinggal raja yang berada di sebelah barat Pendopo Sasono Sewoko, tempat dewan adat menggelar acara serupa di waktu yang hampir bersamaan.

Prosesi digelar secara tertutup dan wartawan diminta keluar. Namun, prosesi tanpa ada tarian Bedhaya Ketawang. Berbeda halnya dengan Tingalan Jumenengan Ndalem yang digelar dewan adat, prosesi dilaksanakan dengan adanya Tari Bedhaya Ketawang.

"Tingalan Jumenengan dihadiri ratusan abdi dalem," kata Penasihat Hukum SISKS BP XIII Ferry Firman Nur Wahyu, Kamis (14/5/2015).

SISKS PB XIII menyelenggarakan Tingalan Jumenengan sendiri tanpa memutuskan tidak hadir dalam upacara yang digelar dewan adat keraton. Sehingga, dirinya tidak tahu kenapa dewan adat ngotot menggelar Tingalan Jumenengan meski mereka sudah tahu raja tidak akan hadir. Sedangkan prosesi acara digelar pukul 10.30 WIB.

Diberitakan sebelumnya, kisruh internal Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali mengemuka saat upacara adat Tingalan Jumenengan Ndalem (peringatan raja bertakhta) Paku Buwana (PB) XIII, Kamis (14/5/2015). Dua upacara yang sama digelar di dalam lingkungan keraton dengan menempati lokasi yang berbeda. (Baca: Tingalan Jumenengan Tidak Dihadiri Raja PB XIII Hangabehi).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.4222 seconds (0.1#10.140)