Starting XI Arema Didaftarkan ke FIFA dan AFC

Kamis, 14 Mei 2015 - 17:47 WIB
Starting XI Arema Didaftarkan ke FIFA dan AFC
Starting XI Arema Didaftarkan ke FIFA dan AFC
A A A
MALANG - Arema Cronus mencatat rekor penyumbang pemain terbanyak ke timnas dibanding tim Jawa Timur (Jatim) lainnya. Arema mengirimkan full team alias 11 pemain untuk proyeksi ke kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Sedangkan klub Jatim lainnya, yakni Persebaya Surabaya hanya menyumbang 7 pemain, Persegres Gresik United (6 pemain) dan Persela Lamongan (4 pemain).

PSSI telah mendaftarkan 114 pemain ke ofisial pelaksana FIFA dan AFC untuk kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Jumlah itu merupakan hasil pantauan Pelatih timnas Merah Putih Pieter Egge Huistra. Banyaknya pemain yang didaftarkan berimbas pada klub-klub yang mengirimkan pemainnya dalam jumlah besar, termasuk Arema Cronus yang pemainnya dipanggil timnas secara berombongan.

Arema mengirimkan full team untuk tugas negara tersebut, yakni Kurnia Meiga, Benny Wahyudi, Victor Igbonefo, Purwaka Yudhi, Johan Alfarizie, Hasim Kipuw, Ahmad Bustomi, Gede Sukadana, Hendro Siswanto, Samsul Arif, serta Cristian Gonzales.

Jumlah tersebut sudah cukup untuk membuat sebuah tim sepak bola dengan formasi 4-4-2. Hanya saja nantinya akan diseleksi lagi siapa yang bakal berhak bermain di tim utama. Dari semua nama itu, semuanya pernah memperkuat timnas sebelumnya. Namun, jumlah pemain yang disumbang Arema masih kalah oleh Persib Bandung yang mencatat rekor nasional dengan 12 pemain. (Baca juga: Persib Sumbang Pemain Terbanyak ke Timnas)

Selain nama-nama lawas langganan timnas seperti Kurnia Meiga, Ahmad Bustomi, hingga Cristian Gonzales, ada pula yang baru menjalani debutnya dua bulan lalu ketika Indonesia menghadapi Kamerun dan Myanmar, yakni Gede Sukadana dan Johan Alfarizie.

"Sangat menggembirakan ada 11 pemain yang tercantum di timnas. Saya berharap banyak pemain Arema yang lolos seleksi nantinya, karena semua pemain yang tercantum pernah merasakan bermain untuk timnas sebelumnya," tutur Pelatih Arema Suharno yang berharap pemainnya bisa memanfaatkan momentum tersebut.

"Saya berpesan agar pemain memberikan yang terbaik untuk timnas. Saya yakin akan banyak pemain Arema yang layak memperkuat timnas di pertandingan level tertinggi," demikian Suharno. Tim Arema kini sudah kembali menggelar latihan.

Di latihan perdana pada Rabu (13/5/2015) terlihat baru 11 pemain yang bergabung tim, dua di antaranya pemain asing yakni Yao Rudy dan Fabiano Beltrame. Dengan adanya gagasan PT Liga Indonesia menggelar turnamen pramusim pada akhir Mei, latihan rutin Arema bakal dilanjutkan.

"Malam ini (Kamis malam) rencananya manajemen bakal bertemu langsung dengan pemain. Melihat ada rencana turnamen pra musim yang digelar PT Liga Indonesia, saya optimistis eksistensi tim akan bisa dilanjutkan," tandas Suharno, Kamis (14/5/2015).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6706 seconds (0.1#10.140)